Beranda > tutorial > sejarah indonesia

sejarah indonesia

Sekilas INDONESIA

Indonesia adalah suatu Negara kesatuan yang terdiri dari dari daratan/ pulau-pulau dan lautan. Jumlah pulaunya saja kurang lebih ada 13.367 pulau, yang terletak pada   6 0 LU    11 0 LS dan 95 0 BT  141 0 BT. Namun dari sekian ribu pulau-pulau tadi, baru sekitar 3000 pulau yang di huni dan memiliki nama.  Dan kita sebagai pemuda-pemudi harapan bangsa harus berusaha menjaga dan melestarikan segala kekayaan yang dimiliki oleh Negara kita yang telah diwariskan dari perjuangan para pahlawan-pahlawan bangsa.

Secara geografis kepulauan Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Benua Asia mengapit di sebelah utara dan benua Australia di sebelah selatan. Selain itu Negara kita pun diapit oleh dua buah samudra, yaitu samudra Pasifik di sebelah utara dan samudra Hindia di sebelah selatan.

Inilah biodata Negara Kesatuan Republik Indonesia

Nama resmi                          : Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dikepalai oleh                      : Presiden

Bentu Negara                       : Republik

Ibukota                                  : Jakarta

Bahasa nasional                  : Indonesia

Bahasa daerah                     : sunda, jawa, batak, bali, sasak, Madura, dayak, makasar, dll.

Agama                                    : Islam, Kristen (katolik dan protestan), Hindu dan

Budha

Mata uang                      : Rupiah

Lambang Negara        : Garuda Pancasila

Lagu kebangsaan        : Indonesia raya

Suku bangsa                 : Sunda, jawa, batak, sasak, dayak. Bugis, dll.

Luas Wilayah               : ±8.748.098km8.748.098km2.

Jumlah pulau              : ±13.667 pulau

Batas wilayah Indonesia:

  1. Di sebelah Utara kita dibatasi oleh Negara Malaysia, Singapura, Laut Cina Selatan, Filipina, dan Samudra Pasifik.
  2. Di sebelah Selatan kita dibatasi oleh Samudra Hindia dan Negara Australia.
  3. Di sebelah Barat kita dibatasi oleh samudra Hindia.
  4. Di sebelah Timur, kita dibatasi oleh Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Indonesia berada di Asia sebelah tenggara. Kita termasuk Negara yang sangat kaya, segalanya kita miliki, seperti kekayaan tambang,  flora, fauna budaya, kerajinan tangan, masakan khas, bahasa daerah, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya dari sekian banyak kekayaan yang kita miliki, kita belum bisa menjaga, melestarikan dan mengelola  seutuhnya. Sehingga ada saja tangan-tangan nakal entah dari Negara tetangga yang mencoba mengaku-ngaku dan merebut kekayaan kita, ataupun warga kita sendiri yang mencoba mengeksploitasi secara berlebihan.

Kembali ke sejarah bangsa ini…

Negara kita merdeka pada tanggal berapa hayo????? Nah wajib kalian ingat, Negara kita merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan lagu kebangsaan kita adalah Indonesia Raya yang telah diciptakan oleh W.R. Supratman. Anda dapat melihat gambar asli naskah lagu Indonesia Raya, download disini. Dan karena kekayaan yang kita miliki, kita pun memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap  satu jua”, maksudnya dari segala jenis  dan perbedaan suku, dan ras, kita tetap bersatu sebagai warga Negara Indonesia. Negara kita dikepalai atau dipimpin oleh seorang presiden. Sampai saatn ini kita telah memiliki 6 orang presiden. Yaitu

  1. Bpk. Soekarno
  2. Bpk. Soeharto
  3. Bpk. B.J. Habiebie
  4. Bpk. Abdurrahman Wahid
  5. Ibu Megawati Soekarno Putri
  6. Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono

Bpk. Soekarno

Lahir pada tanggal 6 juni 1901 di Surabaya. Beliau juga memiliki nama panggilan lain, yaitu Bung Karno. Beliau dikenal sebagai seorang proklamator, karena beliaulah yang memproklamasikan kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia. Dan beliau juga adalah presiden pertama Negara kita ini.

Bpk. Soeharto

Lahir pada tanggal 8 juni 1921 di kemusuk, Argamulya propinsi Yogyakarta. Ketika usia 24 tahun beliau resmi masuk Tentara Nasional Indonesia. Sejak saat itu  karirnya terus meningkat dengan berbagai jabatan dan tugas, hingga akhirnya beliau menjabat sebagai Presiden Negara Republik Indonesia yang kedua dan memiliki masa jabat yang paling lama dibandingkan dengan presiden yang lainnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar