Beranda > tutorial > sekilas komputer

sekilas komputer

Anda tentunya sudah tidak asing lagi bila mendengar atau pun membaca  kata computer. Pada abad ini memang computer telah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang. Semua orang mulai dari anak-anak,  remaja,  hingga  orang tua berlomba-lomba untuk dapat mempelajari dan mengerti tentang kompu- ter. Mereka mempelajari sesuai kebutuhan dan bidang mereka masing-masing.

Namun tidak semua orang mengerti arti kata komputer yang berasal dari  bahasa Latin yaitu Computare yang artinya   menghitung.   Dalam bahasa Inggris disebut juga to compute. Bila kita definisikan, maka Komputer adalah sekumpulan alat/ perangkat elektronik yang saling terikat dan terintegrasi yang dapat menerima data/ input, mengolah/ memproses data   hingga akhirnya menghasilkan suatu informasi.

Komputer terdiri dari 3 komponen penting yaitu:

*  Hardware, yaitu perangkat keras. Yang dapat kita sentuh dan kita lihat. Seperti monitor, mouse, printer, scanner, hardisk, ram, main board/ mother board dll.

* Software, yaitu perangkat lunak/ sering disebut dengan program/aplikasi. Contoh program/aplikasi: Microsoft windows, linux, Microsoft office, adobe photoshop dll.

* Brainware, yaitu user/ pengguna komputer. Yang terbagi menjadi 3:

System analis, yaitu user yang bertugas merancang suatu system

Programmer, yaitu   user yang bekerja membuat/ memodifikasi program

End user, yaitu user yang hanya menggunakan komputer.

Seperti kita pada  umumnya yang hanya menjadi pengguna biasa.

Kemajuan computer sangatlah cepat,  dahulu computer berprocessor Pentium I sudahlah sangat bagus pada tahun 90an, namun saat ini telah hadir Pentium-pentium yang jauh lebih bagus kinerja ataupun ukurannya. Computer pertama (main frame) sangatlah besar ukurannya, dan kinerjanya pun hanya terbatas pada proses penghitungan saja. Sekarang computer diciptakan dengan ukuran yang sangat jauh lebih kecil dan praktis. Ada yang bisa digunakan berpindah-pindah tempat seperti laptop, notebook dll. Ada juga yang hanya digunakan di rumah/ kantor dan sebagainya.

Karena computer berkembang demikian pesat, maka imbangilah dengan ilmu yang pesat pula. Namun gunakanlah spesifikasi computer sesuai kebutuhan saja, tidak perlu terlalu mengikuti perkembangan karena akan menghabiskan banyak biaya dan kurang efektif. Sebagai contoh: jika computer itu hanya kita gunakan untuk mengetik ataupun mendengarkan lagu, tipe processor Pentium 3 atau Pentium 4 pun sudah sukup mendukung tugas anda. Namun jika anda membutuhkan computer untuk mendukung pekerjaan anda seperti desain grafis, gamers dan lain sebagainya. Maka anda harus menyesuaikan spesifikasi computer anda.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat…

  1. Oktober 2, 2009 pukul 4:04 am

    terimakasih e atas tulisannya yg bagus… kenalkan sy Agus Suhanto

    • indonesi4ku
      Oktober 2, 2009 pukul 5:36 am

      terima kasih atas tanggapannya…
      anda bisa panggil saya alim..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: